U3DGDAQbHz1BfkaNiXhOCW0356K5hbADnV3jwXwA

Apa Itu Email

Email dan manfaatnya
Apa Itu Email, Manfaat Dan Kegunaannya
Pada era globalisasi saat ini dengan semakin pesatnya pengguna internet, tentunya anda sudah mengenal apa itu email, bahkan diantara anda mungkin ada yang mempunyai email lebih dari satu atau beberapa akun email, entah itu email gmail (google), yahoo, hotmail, dsb.

Email merupakan singkatan dari Electronic Mail, dalam Bahasa Indonesia artinya Surat Elektronik yang bisa digunakan sebagai sarana untuk berkirim surat dan menerima surat (bisa dalam bentuk gambar ataupun file) melalui komputer jaringan (internet).

Jadi tentang apa itu email mungkin para pengguna internet tentunya sudah mengetahuinya karena penggunaan email saat ini sudah termasuk wajib untuk dimiliki mulai dari kalangan anak sekolah, kuliahan, pebisnis online, boleh dikatakan hampir semua orang yang suka internet (online) memiliki akun email.

Menurut pendapat saya, email di era digital saat ini sifatnya wajib. Kenapa demikian karena dalam setiap kegiatan online yang membutuhkan registrasi wajib mendaftarkan email. Contohnya adalah dalam penggunaan smartphone, entah itu android, iphone, semuanya wajib memiliki akun dengan email. Jadi begitulah perkembangan dunia digital. Dengan memiliki email, pengguna akan mendapat manfaat untuk berbagai keperluan. Manfaat kegunaan email yang umum dirasakan sebagai berikut :
  • Email bisa mengirim teks ( lampiran dalam bentuk file gambar, video ataupun dokumen penting lainnya ) kepada teman, rekan bisnis, dsb baik dalam negeri ataupun di luar negeri.
  • Dengan email, pengguna bisa membuat blog di blogger, wordpress, dsb. Cara membuat blog di blogger menggunakan email akan saya posting di blog ini.
  • Mendaftar media sosial seperti acebook, instagram, twitter, skype, dsb
  • Chatting Yahoo! Messenger, Google Talk dan layanan chatting lainnya
  • Sarana untuk surat menyurat secara elektronik
  • Sebagai alat konfirmasi (pendaftaran online, pembayaran, dsb)
  • Pendaftaran rekening online
  • Dan banyak lagi kegunaan email lainnya
Khusus untuk anda yang baru mengenal apa itu email dan mungkin ada rencana untuk membuat email, anda ada banyak pilihan untuk mendaftar email dengan layanan email, salah satunya adalah Gmail (Google Mail), Yahoo, Hotmail, dan masih ada lagi layanan email lainnya, silakan anda browsing atau cari sendiri melalui google.

Layanan email yang pernah saya daftar adalah di Gmail, Yahoo, dan Hotmail, dari ketiga layanan email tersebut yang menjadi pavorit saya adalah Gmail. Karena menurut saya Gmail memiliki kelebihan tersendiri dari email yang lainnya seperti adanya fitur keamanan email melalui sistem verifikasi 2 langkah. Shingga hal ini dapat mengamankan email kita dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Jadi demikian kompleknya manfaat email di era sekarang ini telah banyak bahkan bisa dikatakan wajib untuk kepeerluan berbagai macam kepentingan era digital. Tak heran saat ini mulai kalangan siswa hingga orang tua sudah benyak yang mempergunakan email. Salah satunya yang terlihat menonjol adalah pada saat membeli hp android ataupun jenis iphone. Untuk dapat mempergunakan hp, pengguna wajib mendaftar terlebih dahulu menggunakan email. Demikian pentingnya email tersebut, maka dari itu simpanlah dalam sebuah catatan alamat email beserta passwordnya di tempat aman.

Selanjutnya apabila telah mulai paham manfaat dan kegunaan email. Sobat bisa mengamankan akun email yang telah di daftarkan dengan verifikasi 2 langkah. Tujuannya agar akun email terjamin keamanannya. Fitur keamanan email telah disediakan oleh pihak penyedia layanan email. Karena itulah manfaatkan fitur keamanan tersebut dengan baik.

Demikianlah postingan yang berjudul apa itu email yang dilengkapi dengan tulisan beberapa manfaat email sesuai dengan apa yang saya alami dalam penggunaannya, tentunya dalam penulisan ini masih banyak hal yang belum saya ketahui, oleh karena itu dengan senang hati saya akan menerima masukan untuk menambahkan tulisan ini sehingga bisa bermanfaat, silakan menambahkannya dalam kolom komentar, terima kasih.
I Gusti Bagus Sudiantara
Dari blogger menjangkau dunia. Selamat datang di blog menulis catatan konservasi, budaya Bali, blogger, dll. Salam lestari dan salam konservasi.

Related Posts

Posting Komentar