U3DGDAQbHz1BfkaNiXhOCW0356K5hbADnV3jwXwA

Mengamankan Akun Google Dengan Verifikasi 2 Langkah Gmail

Era digital sekarang ini sangat penting untuk mengamankan akun google atau email dari gmail.com yang akan terhubung ke berbagai flatform aplikasi seperti zoom meeting yang lagi trend di masa pandemi covid 19. Zoom meeting telah memberi solusi gratis untuk melakukan meeting secara online, seminar online atau sering juga disebut webinar. Sobat yang belum punya akun zoom bisa mencoba mengakses alamat webnya di : zoom.us. Zoom tersedia untuk komputer, laptop, tablet, smartpone.

Itulah sedikit gambaran, bagaimana pentingnya sebuah akun google untuk kita amankan agar dapat terhubung melalui registrasi di berbagai platform secara aman. Salah satu cara termudah mengamankan akun google adalah dengan cara verifikasi 2 langkah.

Mengamankan akun google (akun gmail) dengan verifikasi 2 langkah adalah sangat penting dan wajib, mengingat sekarang ini kejahatan online kian merebak seiring dengan berkembangnya sistem informasi melalui internet, sering disebut dengan IT. Baru-baru ini teman saya kehilangan akun googlenya, akun tiba-tiba logout, setelah login kembali, sudah tidak bisa login karena passord telah diubah. Tidak hanya gmail yang tidak bisa login, teman saya juga kehilangan akun gamenya.

Dengan mengamankan akun google (gmail) tentu juga akan menjaga keamanan akun yang lainnya. Kenapa demikian? karena dalam setiap registrasi atau pendaftaran online untuk media sosial, membuat blog di blogger, wordpress, semua itu membutuhkan email. Baik untuk informasi lanjutan kepada penggunannya ataupun untuk keperluan konfirmasi pendaftaran.

Mengamankan akun google (gmail) ada beberapa metode yang sudah disediakan oleh google, apabila verifikasi 2 langkah sudah bisa diterapkan untuk menjaga keamanan akun email di google. Maka akun email (gmail) akan terlindungi dari orang yang berniat jahat untuk membobol akun gmail. Karena untuk membobol keamanan akun gmail membutuhkan verifikasi 2 langkah dari google.

Pengalaman saat awal membuat blog di wordpress, saya tidak bisa login karena blog kena hack alias keamanan akun blog dibobol oleh hacker. Dengan adanya bantuan aplikasi Google Authenticator ini sangat bermanfaat sebagai langkah awal mengamankan akun blog.

Aplikasi Google Authenticator sebagai verifikasi 2 langkah keamanan, bisa digunakan untuk mengamankan akun google, blog, facebook, instagram, twitter dan akun lainnya baik untuk kepentingan personal maupun bisnis.

Seorang hacker atau pembobol keamanan akun google harus tahu cara melewati verifikasi 2 langkah gmail untuk bisa terhubung pada perangkat yang dimiliki sebagai modal untuk membobol akun gmail. Perangkat yang dimaksud untuk menjaga keamanan akun gmail bisa menggunakan ponsel jadul, android maupun ios (iphone).

Hal yang menguntungkan pengguna akun google untuk bisa terhubung pada perangkat keamanan google sudah disetting sedemikian rupa oleh google untuk menjamin keamanan akun google (gmail). Antara perangkat dan browser yang digunakan untuk login gmail merupakan satu kesatuan yang saling terhubung dan informasi rahasia untuk login dan keamanannya dipegang oleh pemilik akun google.

Apabila ada yang hendak membobol keamanan akun gmail, maka harus memiliki perangkat yang sudah terhubung sebelumnya untuk verifikasi akun google. Sedangkan perangkat yang terhubung tersebut dipegang oleh pemilik akun google. Jadi kemungkinan sangat kecil untuk bisa menjebol keamanan akun gmail.

Maka dari itu simpanlah baik-baik perangkat yang sudah dihubungkan untuk menjaga keamanan akun gmail agar tidak hilang atau jatuh kepada orang yang tidak bertanggung jawab. Contohnya untuk login akun gmail pada perangkat baru yang belum pernah digunakan untuk login oleh penggunanya, harus melewati keamanan google dengan verifikasi 2 langkah, bisa mempergunakan notifikasi sms google ataupun aplikasi Google Authenticator.

Bila dipelajari lebih lanjut lagi, maka ada beberapa cara dalam mengamankan akun google (gmail) dengan Verifikasi 2 Langkah Gmail. Namun yang akan saya share pada posting saat ini adalah verifikasi menggunakan notifikasi sms dan aplikasi Google Authenticator.
  1. Mengamankan Akun Google (gmail) Dengan Verifikasi 2 Langkah melalui notifikasi sms google
  2. Mengamankan Akun Google (gmail) Dengan Verifikasi 2 Langkah melalui aplikasi Google Authenticator. Bisa unduh di Google Play dan App Store. 

I Gusti Bagus Sudiantara
Dari blogger menjangkau dunia. Selamat datang di blog menulis catatan konservasi, budaya Bali, blogger, dll. Salam lestari dan salam konservasi.

Related Posts

Posting Komentar