U3DGDAQbHz1BfkaNiXhOCW0356K5hbADnV3jwXwA

Tip Memilih Web Hosting Yang Tepat

web hosting
Tip Memilih Web Hosting Yang Tepat
Pada postingan terdahulu mengenai "Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Blog" saya menulis bahwa :

Saya tidak akan mengubah alamat blog "aplikasi-pcandroid.blogspot.com" dengan beberapa alasan, antara lain karena saya telah mendaftarkan blog ke google, blog sudah terverifikasi, dan juga sudah daftar alexa.

Namun setelah saya ngeblog kurang lebih selama 3 bulan, timbul niat penasaran untuk membuat blog dengan domain dan hosting sendiri. Dan resikonya harus mengeluarkan uang untuk sewa domain dan hosting, tapi tidak mengapa karena setelah membaca review mengenai web hosting di blog lain, ternyata ada domain dan hosting dengan harga yang cukup terjangkau.

Dan saya pun menyewa domain dan hosting di Masterkey - MWN. Menurut review yang saya baca. Masterkey - MWN adalah web hosting Indonesia dengan layanan yang cukup memuaskan, harga terjangkau. Dan bisa juga diakses dari luar negeri.

Sekarang saya share di sini adalah pengalaman pertama saat memilih domain dan hosting di Masterkey - MWN.
Karena saya baru belajar membuat blog, sebelum memilih web hosting, langkah-langkah yang saya lakukan adalah :
  1. Mencari informasi tentang web hosting Indonesia, karena blog saya memakai Bahasa Indonesia. Namun tidak menutup kemungkinan bisa juga diakses dari luar negeri dan didukung dengan harga terjangkau. Dan menurut reviev dan informasi yang saya dapat, web hosting yang bisa mendukung fitur ini adalah Masterkey - MWN.
  2. Setelah mencari informasi dan mendapat saran serta membaca review dari pengguna yang sudah berpengalaman, akhirnya yang menjadi pilhan pertama saya adalah Masterkey - MWN.
Setelah melakukan pembayaran, dalam waktu 1 x 24 jam, domain dan hosting yang saya sewa di Masterkey sudah aktif dan bisa digunakan. Langkah berikutnya adalah menyelesaikan tahap pembuatan blog :
  1. Mmenginstal WordPress di cpanel
  2. Sukses menginstal WorPress, barulah mengimport blog ke wordpress self hosting
  3. Melakukan memindahkan blog atau migrasi blog dari blogspot ke wordpress self hosting.
Kenapa memilih wordpress daripada blogspot ? atau sebaliknya memilih blogspot

Buat anda yang tidak melakukan migrasi blog, langkah ke-3 ini tidak diperlukan.

Untuk lebih lengkapnya, panduan cara migrasi blog dari blogspot ke wordpress self hosting dengan praktis dan aman tanpa kehilangan trafik pengunjung nanti akan saya bahas pada artikel berikutnya.

Mungkin diantara pembaca blog ini ada yang masih baru belajar membuat blog atau mungkin ada yang berkeinginan menyewa domain dan hosting dengan menggunakan layanan web hoting Masterkey, jika masih belum mengerti langkah-langkahnya. Pada artikel berikutnya akan saya coba untuk review kembali panduan cara sewa domain dan hosting di Masterkey.

Lanjut pada perkembangan sekarang ini. Setelah mencoba menggunakan WordPress self hosting. Kini saya beralih menggunakan Google Domain langsung dari bawaan blogger. Sehingga saya tidak perlu lagi menyewa hosting, cukup dengan membayar biaya tahunan google domain, hostingnya meggunakan blogger. Tentu dalam hal ini bila kita menilainya, pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Semua kembali kepada masing masing pengguna, pilihan bisa menyesuaikan.

Semoga share pengalaman saya mengenai Tip Memilih Web Hosting Yang Tepat, dapat memberi inspirasi, khususnya kepada sahabat pembaca yang baru belajar ngeblog dengan domain dan hosting sendiri.
Related Posts
I GB Sudiantara
Salam lestari, salam konservasi. Selamat datang di Bllog Menulis Catatan. Semoga catatan ini dapat memberi manfaat untuk semua.

Related Posts

Posting Komentar