U3DGDAQbHz1BfkaNiXhOCW0356K5hbADnV3jwXwA

Kebijakan Konten Blogger dan Pedoman Komunitas

Memahami Kebijakan Konten Blogger dan Pedoman Komunitas

Kebijakan Konten Blogger dan Pedoman Komunitas wajib dibaca dan dipahami dengan baik sebelum dan sesudah membuat blog di blogspot, tujuannya agar konten blog dapat dipertanggungjawabkan dan juga dapat dimonetisasi nantinya melalui google adsense bagi teman-teman blogger yang ingin memperoleh penghasilan sampingan.

Membuat blog di blogger.com sebenarnya banyak manfaat yang dapat diperoleh, salah satunya adalah sebagai media dalam belajar menulis, mulai mengenal apa itu html, java script, css, dsb. Kelebihan dari blogspot adalah penggunanya tidak dikenakan biaya hosting, dimana hosting berfungsi sebagai tempat file tulisan, artikel atau posting blog, gambar, video, dengan persyaratan wajib mematuhi kebijakan konten blogger.

Tahapan penting sebelum dan sesudah membuat blog bagi blogger pemula

  1. Mau belajar untuk membuat konten blog secara mandiri, menulis di blog dengan gaya tulisan sendiri, update posting blog dengan konten yang bermanfaat bagi pembaca.  Blog sebagai media kreasi  penyampaian informasi bagi banyak orang. Seorang blogger tidak boleh melakukan copy paste tulisan dari blog orang lain karena berdampak buruk terhadap reputasi blog, pemilik blog yang copy paste artikel blog lain dapat dilaporkan ke google, merugikan pemilik blog yang artikelnya sudah dicopy paste karena terdeteksi adanya duplikat konten di google.
  2. Perlu ketekunan seorang blogger agar bisa mengalirkan tulisan-tulisan secara alami dengan gaya bahasa sendiri menggunakan ejaan yang benar agar maksud dan tujuan menulis artikel dapat dimengerti oleh pembaca sehingga blog memiliki keunikan tersendiri. Blog unik yang mematuhi kebijakan konten blogger dan pedoman komunitas suatu saat dapat didaftarkan ke adsense sehingga blog berpeluang mendapat penghasilan walaupun dengan hanya menggunakan domain dan hosting gratis dari blogspot. Silahkan membaca persyaratan kelayakan adsense.
  3. Belajarlah selalu menuangkan ide-ide melalui tulisan, artikel yang bisa menginspirasi banyak orang. Suatu saat kalau sudah terbiasa dalam membuat tulisan secara alami, sudah mengetahui arah dan tujuan sebenarnya dalam membuat blog, barulah lanjut ke tahap berikutnya untuk belajar lebih dalam lagi mengenai optimasi blog dengan maksud agar artikel atau tulisan yang sudah dipublikasikan mendapat ranking 10 besar google, sehingga tulisan artikel dapat dengan mudah tersampaikan kepada pembaca. Saran saya, buatlah blog sesuai dengan hobi atau pekerjaan untuk memudahkan menemukan ide-ide dalam menulis artikel blog.
  4. Optimasi blog sebagai upaya memaksimalkan kinerja blog dapat dilakukan dengan cara memaksimalkan SEO, mendaftarkan url blog, mengirim peta situs atau sitemap, minta pengindeksan google, menggunakan template blog ringan atau responsif, penggunaan kata kunci yang relevan, membuat tulisan yang dipahami pembaca, tidak copy paste artikel dari blog lain dan masih banyak lagi teknik optimasi lainnya yang informasinya sudah bertebaran di google. Itulah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum dan sesudah membuat blog di google, patuhilah kebijakan konten blogger dan pedoman komunitas.
  5. Melakukan blog walking untuk memperkenalkan blog kepada sesama blogger dengan berkomentar di blog yang dikunjungi, berkomentar dengan kata-kata yang sopan, tidak melakukan komentar spam. Namun poin nomor 5 ini terkadang dilupakan karena kesibukan membuat konten berkualitas sehingga sampai lupa memberi komentar untuk memperkenalkan diri di blog lainnya.
Baca Juga:
Setelah mengetahui tahapan penting di atas serta memahami kebijakan dan pedoman komunitas, selanjutnya melakukan praktek untuk menghasilkan karya yang tidak melanggar peraturan blogger. Belajar dan terus belajar dengan sabar menjalani prosesnya, suatu saat akan mencapai kesuksesan. Itulah pembahasan awal sebelum dan sesudah membuat blog di blogger menggunakan domain blogspot. Semoga dengan berkreasi di blogspot dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Blogspot adalah domain dan hosting gratis bagi pengguna blogger yang dapat memberikan peluang penghasilan bagi yang sudah memenuhi persyaratan. Sekarang ada baiknya saya jelaskan secara singkat tentang domain dan hosting bagi blogger pemula agar memahami terlebih dahulu apa yang akan dilakukannya nanti terhadap blog miliknya apabila blog sudah jadi, mau ke mana arah blognya, apakah ingin fokus menulis, atau hanya sekedar hobi menulis, untuk persiapan adsense, untuk bisnis atau tujuan lainnya.

Apa persamaan dan perbedaan membuat blog di blogger.com dengan domain blogspot dan domain com. Persamaannya adalah pengguna blogger tidak dibebankan biaya hosting oleh google. Perbedaannya, kalau pengguna blogger dengan domain blogspot tidak dibebankan biaya sewa tahunan sedangkan pengguna blogger dengan domain com dibebankan biaya sewa domain pertahunnya. Saya contohkan tulisan78.blogspot.com yang menggunakan domain tulisan78.blogspot yang sudah diupgrade ke domains google menjadi menuliscatatan.com. 

Apa itu domain dan hosting? saya asumsikan domain itu sama dengan alamat rumah sedangkan hosting itu adalah rumah. Saya contohkan menuliscatatan.com adalah sebagai domain dari blog, ketika seseorang mencari alamat itu di google maka akan muncul halaman blog menulis catatan. Sedangkan hosting itu ibarat rumah tempat kita menyimpan konten blog,  ide tulisan, gambar, video, dsb. Kalau diistilahkan dalam dunia blogger maka hosting itu adalah tempat penyimpanan file-file online yang sudah kita uploud di blogger sehingga bisa ditayangkan dalam bentuk postingan di blog. Blog menulis catatan menggunakan blogger sebagai hostingnya.

Pengalaman saya terdahulu saat menggunakan platform wordpress dengan domain dan hosting berbayar. Setiap tahun akan dikenakan biaya sewa untuk domain dan hosting. Memang masing-masing dari penggunaan domain hosting gratis dan berbayar ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Silakan teman-teman menyesuaikan dengan kebutuhan apabila ingin mencoba domain dan hosting berbayar. Untuk domain berbayar tidak ada embel-embel dari platform blog yang digunakan. Misalnya kita bisa membuat alamat bog dengan nama sendiri dengan akhiran .com, .id, .net dan masih banyak domain lainnya.

Oke... para sahabat pembaca yang masih setia... tulisan di atas adalah sebagai kata pengantar sebelum dan sesudah membuat blog. Itulah dasar pemahaman awal yang perlu saya sampaikan agar para blogger pemula dapat berkarya secara positif di era globalisasi, mengetahui apa itu blogger, hosting dan domain sehingga dapat menentukan arah dan tujuan membuat blog yang mematuhi kebijakan konten blogger dan pedoman komunitas.
I Gusti Bagus Sudiantara
Dari blogger menjangkau dunia. Selamat datang di blog menulis catatan konservasi, budaya Bali, blogger, dll. Salam lestari dan salam konservasi.

Related Posts

Posting Komentar