U3DGDAQbHz1BfkaNiXhOCW0356K5hbADnV3jwXwA

Akibat Mengganti Judul Blog

Blog mengalami penurunan ranking di google karena seringnya mengganti judul blog. Begitulah pengalaman awal saya dalam belajar seputar blog. Banyak pengaruh yang diakibatkan oleh ganti judul ini. Karena itu sebaiknya judul blog dipersiapkan sejak awal memulai blog, demikian pula dengan alamat domain yang dipergunakan. Tetapkanlah judul blog secara permanen untuk jangka panjang tanpa perlu merubah judul lagi.

Postingan ini adalah sebagai gambaran pengalaman ngeblog dengan melakukan praktek secara langsung mengganti judul blog dan efek yang ditimbulkan terhadap blog itu sendiri. Saya melakukan pemeriksaan judul blog secara manual di mesin penelusuran google, apakah blog saya masih ada di halaman 1 google ataukah megalami penurunan ranking artikel.

Sekarang lanjut saya ceritakan pengalaman saya disini perihal mengganti judul blog tanpa mempertimbangkan  beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat blog.
Akibat Mengganti Judul Blog
Update Akibat Mengganti Judul Blog
Gambar di bawah ini menunjukkan hasil penelusuran google yang berada di halaman 1 google. Dimana pada waktu itu saya masih aktif memnggunakan wordpress selfhosting dengan nama domain sudiantara.com.
efek ganti judul blog
Akibat Mengganti Judul Blog
Untuk postingan lainnya yang pada saat itu berada di halaman 1 google saya cek juga secara manual di penelusuran google. Hasilnya blog masih terindek dengan baik.
Akibat Mengganti Judul Blog
Akibat Mengganti Judul Blog
Keesokan harinya saya melakukan pengecekan kembali untuk mengetahui lebih detail efek yang ditimbulkan akibat mengganti judul blog. Hasilnya terjadi pergeseran kata kunci. Apa yang saya ketik di google sudah tidak muncul lagi artikelnya. justru yang mencul adalah artikel atau postingan lainnya yang tidak sesuai kata kunci. Inilah akibat dan proses yang terjadi terhadap blog yang berganti judul.
Akibat Mengganti Judul Blog
Akibat Mengganti Judul Blog
Itulah yang terjadi, artikel menjadi hilang di penelusuran google. Dan efeknya yang ditimbulkan terhadap blog adalah penurunan ranking entah berada di halaman berapa. Dalam waktu singkat sudah dirasakan akibat dari mengganti judul blog. Itu baru sekali mengganti judul blog, apa lagi yang sering sering mengganti judul blog bisa ditebak akibatnya.
Akibat Mengganti Judul Blog
Akibat Mengganti Judul Blog
Akibat ganti judul blog setelah 3 harinya. Judul blog yang baru masuk sudah mulai diindeks google, namun dengan kata kunci yang dimasukkan, terpantau artikel sebelumnya yang terindek di halaman 1 google sudah bergeser di mesin pencari google.
Akibat Mengganti Judul Blog
Akibat Mengganti Judul Blog
Postingan berikutnya yang masih relevan waktu itu di sudiantara.com “Memperbaiki Sitemap (Plugin Google XML Sitemaps) – Error Loading Stylesheet” saya tes lagi dengan kata kuncinya. Hasilnya artikel sudah kehilangan ranking di google. Sebelumnya bertengger di halaman satu, setelah mengganti judul blog, hasilnya menghilang dari halaman satu bergeser entah ke halaman berapa.
Akibat Mengganti Judul Blog
Akibat Mengganti Judul Blog
Lanjut pemeriksaan tautan situs di google webmaster tool hanya tersisa satu tautan saja sisanya menghilang. Dimana sebelum ganti judul, jumlah tautan situs mencapai ratusan.
Akibat Mengganti Judul Blog
Akibat Mengganti Judul Blog
Terjadi Eerror 404 dimana mana dan semakin bertambah banyak jumlahnya stelah pengecekan di google webmaster tool. Mengakibatkan semakin lelah dan butuh perhatian untuk mengatasi masalah yang diakibatkan ganti judul blog.
Akibat Mengganti Judul Blog
Akibat Mengganti Judul Blog
Sekarang sebagai bahan perbandingan praktek mengganti judul blog dilanjutkan pengecekannya di Bing Webmaster. Hasilnya dalam waktu tiga hari belum terjadi pergantian judul blog. Yang muncul masih judul blog yang lama.
Akibat Mengganti Judul Blog
Akibat Mengganti Judul Blog
Dari gambar di bawah ini, terlihat kekacauan indeks artikel. Hasil penelusurannya di bing tidak sesuai dengan kata kunci yang diketik.
Akibat Mengganti Judul Blog
Akibat Mengganti Judul Blog
Dari pengalaman yang saya tuliskan di blog ini. Dapat disimpulkan bahwa mengganti judul blog akan mengakibatkan terjadinya penurunan ranking artikel, error 404 dan efek lainnya yang membuat pengelola untuk fokus terhadap konsekuensi mengganti judul blog.

Itulah yang terjadi apabila mengganti judul blog, siap siap menghadapi permasalahan ranking artikel dan mencari solusi untuk mengatasinya. Yang sudah mengganti judul blognya sebagai solusi untuk mengatasi akibat yang ditimbulkan adalah mengupdate blog dengan tulisan tulisan unik hasil ketikan dan ide kita sendiri dalam menuangkan tulisan menjadi sebuah artikel, maka secara perlahan akan normal kembali dan blog menjadi unik.

Sebagaimana dalam perjalanan di blog ini, banyak hal telah dialami di dunia blogging, mulai dari blogger, beralih ke wordpress dengan hosting berbayar. Dan tulisan ini adalah ide saya sendiri pada saat membuat blog di wordpess self hosting dengan domain 'sudiantara.com'. Lihat gambar sreenshot yang saya sertakan blog saya waktu itu. Saya menggunakan nama saya sendiri sebagai nice blog, padahal itu tidak mengandung kata kunci untuk sebuah domain. Begitulah pengalaman yang dirasakan di dunia blogging.

Blog sudiantara.com yang saya kelola waktu itu, karena tidak memperpanjang sewa domain dan hosting maka berakibat pada blog yang menjadi tidak aktif lagi. Dan saya beralih lagi ke blogspot dan memulihkan artikel yang sudah saya backup sebelumnya untuk dipergunakan lagi di blogger dengan judul blog Menulis Catatan dan alamat blog di http://tulisan78.blogspot.com/ hingga sampai saat ini beralih menggunakan google domain dengan hostingnya di blogger.

Teruslah menulis dengan karya sendiri dengan ide dan gaya bahasa tersendiri sehingga blog menjadi unik di google. Tetap belajar menuangkan ide ide menjadi tulisan di sebuah artikel, janganlah mengcopy vaste hasil karya orang lain di blog kita.

Itulah yang saya rasakan 'Akibat Mengganti Judul Blog' Sekarang saya update kembali blog ini sebagai perkembangan dari sebuah blog agar blog semakin unik dan disenangi oleh google. Tetap semangat dalam berkarya menuangkan ide menjadi sebuah tulisan unik, semoga bisa memberi inspirasi dan manfaat untuk semua orang.

Demikian sharing yang dapat saya sampaikan perihal ganti judul blog, semoga ada manfaatnya. Bagaimana pendapat sobat blogger dalam hal ini? silakan menambahkan dalam kolom komentar, terima kasih.
I Gusti Bagus Sudiantara
Dari blogger menjangkau dunia. Selamat datang di blog menulis catatan konservasi, budaya Bali, blogger, dll. Salam lestari dan salam konservasi.

Related Posts

1 komentar

  1. Artikel yg sangat bermanfaat bos.. stlah baca artikel ini saya smakin yakin, gara2 ganti judul blog, pngunjung jadi berkurang setiap hari... ini jga terjadi pada blog saya gan... Geratis4u. Mkasih gan atas infonya

    BalasHapus