U3DGDAQbHz1BfkaNiXhOCW0356K5hbADnV3jwXwA

Agar Postingan Cepat Terindek Di Google

Sebelum lanjut membahas tentang bagaimana mengoptimasi blog/web agar cepat terindek di google. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat blog selain cara seo dan membuat konten  berkualitas, melakukan pengembangan terhadap terhadap artikel / update postingan itu sendiri merupakan hal penting agar blog tetap ramah mesin pencari.

Kunci sebuah blog yang ramah mesin pencari seperti google adalah dengan mensubmit url artikel ke layanan google. Salah satunya adalah menggunakan layanan indeks artikel di google Search Console, submit url di Search Console bertujuan untuk mengecek apakah artikel sudah ada di google, sudah dikirim ataukah sudah diindek. Untuk artikel baru yang tidak diindek, di Google Search Console inilah tempatnya minta pengindekan agar artikel yang baru dibuat masuk dalam antrean untuk diindek Update pembaharuan dari google, sekarang ini Google Webmaster Tool sudah beralih ke Google Search Console

Untuk memasukkan url blog di google search console, silakan masukkan url artikel di google search consoul agar bisa masuk dalam antrean pengindekan oleh google.

Di bagian dasboard Google Search Console, cari Inspeksi URL, paste url artikel blog yang telah di copy lalu tekan Enter pada keyboard maka akan ditampilkan

Indek url blog
Inspeksi URL
Untuk artikel yang baru selesai dibuat, setelah dilakukan proses pengambilan data oleh google maka hasil Inspeksi URL : URL tidak ada di Google. Mintalah pengindeksan agar artikel segera masuk dalam antrean indeks oleh google dengan cara menekan tombol MINTA PENGINDEKSAN.

Hasil Inspeksi URL Google
Hasil Inspeksi URL
Setelah minta Pengindeksan url, lakukanlah pengecekan kembali melalui Inspeksi URL agar tahu hasilnya apakah url sudah ada di google, sudah dikirim dan diindeks, apakah halaman url tersebut mobile friendly atau tidak. Jadi sobat blogger setiap saat bisa mengeceknya dengan Inspeksi URL di google search console.

Hasil uji coba Inspeksi URL yang saya lakukan di Google Search Console setelah minta pengindeksan, hasil dalam beberapa menit atau jam, url masih belum ada di google. Setelah beberapa harinya baru melakukan Inspeksi URL lagi. Hasilnya url sudah ada di google, dikirim dan diindeks dan mobile friendly. Lihat gambar di bawah ini.

Hasil Uji Inspeksi URL Google Search Console
Hasil Uji Inspeksi URL Google Search Console
Di Google Search Console bisa juga dilakukan pengujian url, apakah aktif atau tidak di google melalui tombol Uji URL Aktif. Setelah update artikel bisa juga minta pengindeksan kembali ke google agar google mengetahui bahwa kita sudah melakukan perubahan atau update pada artikel blog. Demikian sobat blogger beberapa langkah dalam mempercepat indeks artikel di google sebagai update artikel terdahulu dimana masih mempergunakan google webmaster tool. Lihat gambar di bawah sebagai perbandingan yang dahulu dan sekarang. Fungsi ambil sebagai google tidak ada lagi di google search console. Hanya perubahan istilah saja. Jadi sobat bisa menyesuaikan untuk mengikuti pembaharuan dari google.

ambil sebagai google
Perbandingan : Google Search Concole terbaru yang sekarang ini lebih praktis untuk minta pengindeksan. Yang terdahulu bisa dilihat pada gambar update sebagai google. Ada penyambungan istilah penyambungan url : Isikan dengan url dengan menyambungkan url halaman blog, pada screenshoot di atas terlihat halaman blog saya : http://tulisan78.blogspot.co.id/ kemudian isi kotak di belakang url tersebut dengan url sambungan dalam format html seperti ini sesuai alamat url artikel : 2017/08/menampilkan-youtube-di-blog.html. Terakhir hasilnya jadi rangkaian url artikel : http://tulisan78.blogspot.co.id/2017/08/menampilkan-youtube-di-blog.html

Jadi cara agar postingan cepat terindek di google bisa dilakukan dengan mensubmit url artikel di Google Search Console dengan Inspeksi URL. Demikian sobat semoga catatan ini bermanfaat sebagai bahan informasi yang sudah saya update sesuai perkembangan blog saat ini. Terima kasih.

I Gusti Bagus Sudiantara
Dari blogger menjangkau dunia. Selamat datang di blog menulis catatan konservasi, budaya Bali, blogger, dll. Salam lestari dan salam konservasi.

Related Posts

Posting Komentar