U3DGDAQbHz1BfkaNiXhOCW0356K5hbADnV3jwXwA

Pura Silayukti Padangbai Bali

Piodalan Pura Silayukti Padangbai Bali
Piodalan Ring Pura Silayukti (Buda Kliwon Pahang, 30 Januari 2019)
Pura Silayukti terletak di Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Pada hari Buda Kliwon Wuku Pahang adalah puncak piodalan di Pura Silayukti. Dalam sejarahnya, Silayukti adalah sebuah tempat pasraman Mpu Kuturan yang mengajarkan dasar-dasar kebenaran kepada masyarakat yang dikenal dengan nama silayukti. Sila artinya dasar, yukti artinya benar.

Bersyukur pada tanggal 30 Januari 2019, pada puncak piodalan di Pura Silayukti saya bisa pedek tangkil (sembahyang) menghaturkan puja dan puji syukur atas berkah Hyang Widhi yang berkelimpahan tiada batas. Terlihat pada saat itu ramainya umat yang memedek dengan keiklasan, tulus ngaturang bakti, terasa damai dengan aura spiritual dari Pura Silayukti yang memancar indah menerangi semua umat dan makhluk lainnya. Keteguhan dengan dasar kebenaran menjadi pondasi untuk pedek di Pura Silayukti, terhubung penuh kepasrahan dengan Sang Pencipta dalam hening kedamaian.

Pada puncak pujawali di Pura Silayukti dipersembahkan tari-tarian, diantaranya ada tari Rejang Renteng, Tari Puspanjali, Rejang Dewa, Baris Gede, Pendet, Dalem Sidakarya. Semua didasari ketulusan ngaturang ayah, terpancar dari para penarinya yang mengikuti irama gamelan dengan tenang dan indah, semua pekedek pekenyung, terpancar senyuman tulus. Dapat saya katakan inilah wujud meperagayan dewa, semua terasa tenang dan damai.
Pura Silayukti Padangbai
Saat Kegiatan Persembahyangan Di Pura Silayukti
Demikian indah nuansa seni budaya Bali yang dipadukan dalam acara acara spiritual upacara yadnya, tidak hanya untuk persembahyangan / Dewa Yadnya, namun semua kegiatan upacara yadnya senantiasa didukung dengan nilai nilai luhur seni budaya Bali, baik itu berupa gamelan gong, gender Bali, angklung, rindik, tari tarian seperti tari rejang, tari baris, tari pendet, ada tembang bali seperti pupuh sinom, pupuh durma bali dan masih banyak lagi kesenian lainnya.
Dari pengalaman selama ini, unsur-unsur nilai seni dalam sebuah upacara yadnya disesuaikan dengan keadaan atau kemampuan dari yang melaksanakan yadnya atau disesuaikan dengan tingkatan suatu upacara.

Di bawah ini salah satu unsur seni yang merupakan tarian sakral dalam suatu upacara Dewa Yadnya di Pura Silayukti yaitu Tarian Rejang Dewa Di Pura Silayukti Padangbai, Karangasem, Bali. Selamat menyaksikan, semoga senantiasa membawa pengaruh positif untuk kedamaian dan kebahagiaan semua makhluk.


Related Posts
GB Sudiantara
Salam persahabatan dari saya. perkenalkan nama saya Bagus. Selamat datang di Bllog Menulis Catatan. Semoga catatan ini bermanfaat buat kita semua.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar