U3DGDAQbHz1BfkaNiXhOCW0356K5hbADnV3jwXwA

Membuat Sitemap Blogspot Webmaster Valid AMP

Saat membuat blog baru, sangat penting untuk dilakukan beberapa langkah atau tahapan agar blog baru bisa tampil di google. Maksudnya agar blog baru tersebut dapat terindek dan muncul di halaman google. Tahapan yang dilakukan bisa disesuaikan sesuai personal masing-masing dari seorang blogger.

Pada dasarnya cara membuat sitemap blog untuk blogspot AMP maupun non AMP adalah sama. Yang membedakan hanyalah kode penggunaannya yang valid HTML dan AMP.  Sehingga halaman yang dibuat di blog AMP wajib untuk dilakukan validasi AMP maupun Tes AMP.

Share kali ini, tahapan yang saya lakukan untuk optimasi blog AMP yang baru :
  1. Verifikasi properti, dalam tahap ini pemilik blog yang ingin memunculkan blognya di google wajib untuk melakukan verifikasi blog. Untuk blogspot bisa dilakukan dengan memasang kode html di bagian.
  2. Memasang google analytic blog dan melakukan verifikasi.
  3. Membuat daftar isi atau sitemap blog.
  4. Submit sitemap blog di google webmaster, sekarang disebut google search console
Sesuai judul postingan disini saya jelaskan tentang bagaimana cara membuat sitemap untuk blog AMP dengan hasil halaman yang valid. Untuk script sitemap AMPnya silahkan kunjungi mesin pencari google.

Cara membuat sitemap : login di blogger - buat halaman baru - Isi Judul Daftar Isi atau Sitemap - vaste sript AMP dalam mode HTML, jangan lupa ganti url blognya dengan url blog sobat, lalu publish. Selesai, sekarang lihat sitemap atau daftar isi blog sudah siap dan bisa langsung pasang di blog.

Untuk mengetahui valid atau tidaknya halaman sitemap yang dibuat tadi. Silakan uji dengan melakukan Tes AMP pada halaman ini : https://search.google.com/test/amp

Untuk uji Tes AMP lanjutan, silakan sobat uji sitemap AMPnya apakah sudah Valid atau belum. Selamat mencoba.

Pada gambar hasil uji validasi AMP menunjukkan sudah valid AMP. Namun ada satu kendala perihal uji data terstruktur yang menunjukkan adanya tanda seru. Ini berarti masih ada yang mesti diperbaiki agar halaman benar benar valid AMP sehingga tanda petir bisa muncul atau tampil di halaman pencarian google secara mobile.
Sitemap AMP Blogspot Valid
Halaman AMP yang valid
Untuk membuat data terstruktur yang valid AMP nanti saya bahas pada postingan berikutnya. Sekarang fokus pada satu pembahasan dulu untuk membuat sitemap valid AMP.

Demikian sobat artikel tentang cara membuat daftar isi blogspot yang valid AMP. Sekarang lanjut pada langkah berikutnya yaitu submit sitemap di google webmaster.

Submit sitemap disini : https://www.google.com/webmasters/

Silakan ad sitemap dalam format xml : sitemap.xml > test sitemap, apabila hasilnya tidak error > Submit sitemap. Tunggu hasilnya untuk pengindekan di mesin pencari google.
Submit Sitemap
Submit Sitemap 
Demikian sobat sharing perihal cara membuat sitemap blog yang valid AMP. Dan langsung submit sitemap agar blog baru cepat terindek di google. Untuk lebih detailnya silakan membaca tulisan perihal Submit Sitemap Blogspot Di Google Webmaster Tool.
I Gusti Bagus Sudiantara
Dari blogger menjangkau dunia. Selamat datang di blog menulis catatan konservasi, budaya Bali, blogger, dll. Salam lestari dan salam konservasi.

Related Posts

1 komentar

  1. Template nya keren mas.. boleh minta ngga.. wa 082340619639 (kalau boleh)

    BalasHapus