U3DGDAQbHz1BfkaNiXhOCW0356K5hbADnV3jwXwA

Membuat Artikel Muncul Di Google Tanpa Judul Blog

Bagaimana cara membuat artikel muncul di google tanpa judul blog? Apabila diperhatikan saat mencari informasi di google maka akan ditemukan beragam artikel atau posting blog dengan posisi judul blog ada yang di depan judul artikel atau di belakang judul artikel dan bahkan ada yang muncul judul postingan saja tanpa ada judul blog. Judul blog yang biasanya muncul pada judul artikel dapat dihilangkan dengan sangat mudah. Trik ini dapat memberi nilai lebih sebagai optimasi dari pemilik blog, pengunjung blog yang sedang membutuhkan informasi dimanjakan dengan tampilan judul artikel saja.

Tujuan dari trik ini dapat dikatakan sebagai optimasi blog dengan beberapa alasan, kenapa menghilangkan tampilan judul blog pada artikel yang muncul di google, tentu di sini pandangan setiap blogger akan berbeda-beda sesuai dengan, namun di sini sesuai pendapat saya pribadi dapat disampaikan:
  1. Judul artikel tidak terhalang oleh judul blog sehingga memberi peluang untuk menarik pengunjung.
  2. Munculnya judul artikel tanpa embel-embel judul blog di depan atau di belakang artikel, memiliki nilai lebih dari sudut pandang SEO.
  3. Judul artikel terlihat simpel, singkat dan padat.
Sebelum lanjut pada poin pembahasan membuat judul artikel saja yang tampil di mesin pencari. Mari kita review terlebih dahulu tampilan judul artikel di blog ini sebelum dilakukannya perubahan. Gambar di bawah ini memperlihatkan tampilan judul artikel sebelum dan sesudah adanya perubahan. 

Judul Artikel Muncul Di Google Tanpa Judul Blog
Menghilangkan Judul Blog Di Depan Artikel 

Gambar di bawah memperlihatkan sudah ada perubahan tampilan di google, yaitu tulisan judul blog sudah hilang dan hanya tampil judul artikel saja. 

Cara menampilkan judul artikel saja di google
Membuat Artikel Muncul Di Google Tanpa Judul Blog

Setelah sekian lama ngeblog dan jarang juga menulis, saya tertarik juga untuk menghilangkan judul blog di depan artikel. Ternyata caranya sangat mudah, dibutuhkan beberapa langkah pemasangan kode script. Untuk melihat hasilnya, perlu melakukan uji coba dengan memilih salah satu artikel yang sudah diindeks oleh google, kemudian melakukan pencarian di mesin pencari google menggunakan judul artikel atau url artikel. Perlu diketahui untuk pencarian artikel menggunakan judul artikel bisa dicoba apabila sudah artikel diindeks google. Jika artikel sudah diideks namun tidak berada di halaman pertama, bisa langsung dicoba dengan mengetik url artikel.

Agar postingan cepat terindek di google, silahkan minta pengindeksan terlebih dahulu di Google Search Console sesaat setelah publish artikel atau postingan blogger. Tujuan minta pengindeksan adalah untuk mempercepat proses indeks yang perlu waktu di google.

Saya contohkan dengan mengetik kata kunci cara instal mac os di ssd baru, maka hasilnya akan berbeda dengan mengetik url artikelnya seperti: https://www.menuliscatatan.com/2018/01/cara-instal-mac-os-sierra-dari-usb-ke-ssd-external.html. Pada pengetikan kata kunci di google akan memunculkan banyaknya persaingan artikel sedangkan pengetikan url hanya memunculkan artikel yang ada kaitannya dengan halaman blog saja. Untuk lebih jelasnya, saya tambahkan gambar screenshoot artikel blog ini pada saat uji coba pencarian artikel di google.

Menampilkan Judul Artikel Blog Dengan Kata Kunci
Memunculkan artikel dengan kata kunci di google

Memunculkan Judul Artikel Dengan Url Di Google
Memunculkan Judul Artikel Dengan Url Di Google

Sekarang lanjut pada poin utama yaitu cara saya membuat judul blog di depan artikel hilang, hanya tampil judul artikel saja di mesin pencari google. Hal pertama yang mesti dilakukan adalah login di blogger > Tema > Edit HTML > tekan control F > masukkan kode <b:skin> selanjutnya di bagian atas kode <b:skin> carilah baris kode seperti di bawah ini :
<title>
<data:blog.pageTitle/>
</title>
Selanjutnya gantilah kode diantara kode : <title>  </title>
dengan kode :
<b:if cond= 'data:blog.pageType==&quot;index&quot;'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>
Sehingga menjadi seperti di bawah ini :
<title>
<b:if cond= 'data:blog.pageType==
&quot;index&quot;'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>
</title>
Langkah terakhir simpan tema dan tunggu proses perubahan tampilan judul artikelnya di halaman mesin pencari google. Demikian cara singkat meningkatkan SEO dengan cara merubah tampilan judul artikel blog. Teman-teman yang ingin mengoptimasi blog dengan cara SEO tentu banyak cara yang bisa dilakukan, ada banyak petunjuk yang sudah dibagikan di google, termasuk tips SEO dari google itu sendiri. 
I Gusti Bagus Sudiantara
Dari blogger menjangkau dunia. Selamat datang di blog menulis catatan konservasi, budaya Bali, blogger, dll. Salam lestari dan salam konservasi.

Related Posts

Posting Komentar