U3DGDAQbHz1BfkaNiXhOCW0356K5hbADnV3jwXwA

Memulai Youtube Untuk Persiapan Monetisasi - Youtube Pemula

Tip youtube pemula yang baru membuat channel youtube. Untuk tahap awal berkarya di youtube sebaiknya pahami terlebih dahulu apa itu youtube dan apa saja syarat dan peraturan youtube agar hasil karya di youtube bisa ditinjau untuk disetujui monetisasi. Proses untuk tahap ini untuk seorang youtuber yang baru memulainya tidaklah gampang apabila ingin memotisasi channel youtube karena mesti melalui beberapa tahapan untuk bisa lolos monetisasi. Salah satu syaratnya adalah memiliki 1000 subscriber. Bisa dibayangkan bagaimana caranya dalam waktu singkat mendapatkan 1000 subscriber. 

Karena itu pahami sejak awal tujuan membuat channel youtube. Youtube juga media sosial merupakan sarana berbagi informasi dalam bentuk video. Siapa saja pengguna youtube? Semua orang bisa menggunakan youtube untuk menonton video yang disukai, mencari informasi yang dibutuhkan, atau hanya sekedar berbagi video agar bisa dilihat oleh semua orang. Pengguna youtube yang tujuannya untuk menonton saja tidak perlu memenuhi persyaratan youtube untuk monetisasi.

Untuk pengguna youtube yang ingin memanfaatkan hobinya untuk membuat video yang diuploud ke youtube dan ingin menghasilkan uang dari youtube (monetisasi youtube) tentu diwajibkan untuk mematuhi peraturan youtube. Belum lagi bagaimana cara mengoptimalkan youtube dengan kata kunci agar bisa tampil di halaman 1 google, bagaimana cara promosinya di medsos seperti instagram, facebook, dsb. 

Peraturan youtube terbaru untuk monetisasi channel youtube adalah pengguna youtube wajib mengikuti Porgram Partner Youtube (PPY) yaitu channel youtube perlu 4.000 jam waktu tonton secara publik dalam 12 bulan terakhir (1 tahun) dan 1.000 subscriber.

Untuk mendapat 1.000 subscriber lakukannlah dengan sabar secara alami sehingga seiring waktu subscriber akan terus bertambah. Syarat lainnya yang lebih mendasar agar channel dapat dimonetisasi  yaitu mematuhi pedoman komunitas. Youtuber pemula wajib membaca dan memahami dengan baik apa itu pedoman komunitas youtube apabila ingin berkarya di youtube tanpa melakukan pelanggaran. Karena berkarya di youtube itu peraturannya ketat terkait monetisasi. Silahkan membaca tulisan saya sebelumnya perihal 'Video yang hapus youtube akibat melanggar pedoman komunitas'

Seorang youtuber dapat berkembang dengan baik apabila sabar, tekun dan disiplin dalam menjalani proses untuk tumbuh kembangnya sebuah channel youtube. Youtube sebagai sarana untuk berbagi video yang menyenangkan dan suatu saat channel bisa dimonetisasi untuk menambah penghasilan apabila apabila telah memenuhi persyaratan dari program partner youtube (PPY).

Terkadang seorang youtuber pemula tidak membaca pedoman komunitas youtube secara detail sehingga dalam suatu proses pertumbuhan channel youtube mengalami kendala/suatu masalah akibat pelanggaran yang dilakukan tanpa sengaja. Maka dari itu untuk menjadi youtuber yang baik, bacalah peraturan youtube terlebih dahulu agar benar-benar paham dalam membuat konten video youtube yang tidak melanggar pedoman komunitas.

Demikian catatan youtube pemula, boleh juga dikatakan sebagai tip memulai youtube untuk persiapan monetisasi. Semoga bermanfaat.
I Gusti Bagus Sudiantara
Dari blogger menjangkau dunia. Selamat datang di blog menulis catatan konservasi, budaya Bali, blogger, dll. Salam lestari dan salam konservasi.

Related Posts

1 komentar